Cek Kelengkapan Data Pada PDUN dan Verval PD Dalam Satu Website

OPPMI Sekarang Operator Madrasah sudah bisa melakukan pengecekan data yang diinput dalam Verval PD dan PDUN melalui satu website. Sebenarnya website ini sudah pernah ramai pada masanya. Saat web Verval PD yang sebelumnya ditutup dan Verval PD khusus  madrasah dibawah naungan Kementerian Agama belum dirilis. 

Website ini memiliki alamat di http://pd.data.kemdikbud.go.id/. Username dan Password yang digunakan untuk masuk adalah Username dan Password yang sama dengan yang digunakan untuk masuk website Verval PD dan PDUN. 

Ada beberapa pilihan menu yang dapat diakses oleh operator madrasah untuk melakukan cek data siswa, yaitu Rangkuman, Tingkat Akhir, Kelengkapan PDUN, Peserta Didik dan Residu.



Pada halaman awal, berisi rangkuman Total Peserta Didik, Total Peserta Didik Tingkat Akhir dan Residu Berdasarkan Tingkat (yang terdata). Jumlah total peserta didik ini sama dengan jumlah total siswa calon peserta ujian nasional pada Verval PD. 


Pada menu Peserta Didik Tingkat Akhir, akan muncul semua daftar nama siswa calon peserta ujian nasional. Isian data ini sama dengan tampilan pada menu Peserta Didik. 



Pada menu PDUN, terdapat detail yang lebih jelas mengenai kelengkapan data siswa calon peserta ujian nasional. Jika ada yang merah seperti contoh dibawah, bisa dicek lagi di web E-Manja untuk melakukan pengecekan dan melengkapi data yang belum terisi. Jika sudah diisi, menurut informasi harus menunggu kembali 1x24 jam untuk sinkronisasi server intergrasi pada admin pusat. 

Jika sudah terisi semua dan tercentang hijau, maka data yang ada dipastikan sudah aman. 



Pada menu Residu, data yang ditampilkan akan lebih rinci lagi. Yaitu PDID (Peserta Didik Id), NISN, Nama, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Nama Ibu, Jenis Kelamin, dan NIK. Contoh dibawah NIK tertanda silang merah. Lakukan cek ulang di Verval PD untuk memperbaiki data yang masih terdata salah. Jika sudah diisi, menurut informasi harus menunggu kembali untuk sinkronisasi server. 


Dibawah ini tampilan pada menu Residu di Verval PD, setelah melakukan cek atas nama siswa yang bermasalah pada NIK diatas.


Kesimpulannya, pada web PD ini, operator madrasah bisa melakukan pengecekan terhadap data siswa calon peserta ujian nasional tanpa harus melihat dalam 2 web, yakni web PDUN dan Verval PD. Setelah ditemukan siswa yang masih bermasalah, operator madrasah bisa segera memperbaiki sesuai dengan tempat dan data yang dibutuhkan. 



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url