Fitur Sinkron Data EMIS Pada E-Manja 2019/2020

OPPMI Awal Januari 2020 ini, EMIS-Manajemen UN atau yang biasa disebut dengan E-Manja mengeluarkan fitur baru yakni Sinkron Data EMIS

Fitur yang awalnya hanya ada di akun Madrasah Aliyah (MA), kini sudah hadir juga di akun Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI). 

Untuk username dan password yang digunakan untuk Log In, pasti masing- masing Operator Madrasah sudah mengetahui, karena username dan password yang digunakan sama dengan yang username dan password EMIS Madrasah.



Menurut informasi pada tampilan fitur, ada dua yang harus diperhatikan. Yaitu:

A. Prosedur Penarikan Data Siswa Kelas Akhir (6 MI, 9 MTs & 12 MA):

  1. Masukkan nama siswa (minimal 3 karakter)
  2. Pilih kelas
  3. Klik tombol Cek Data
  4. Klik tombol Aksi untuk memasukkan siswa sebagai siswa kelas akhir
B. Prosedur Penambahan Data Siswa Yang Belum Masuk Dalam Database EMIS:


  1. Kewenangan untuk menambahkan data siswa yang belum masuk dalam database EMIS ada pada pengelola data Kemenag Kabupaten/Kota atau Kanwil Kemenag Provinsi.
  2. Penambahan siswa dapat dilakukan melalui EMIS Monitor (emispendis.kemenag.go.id/e-monitor).
  3. Penambahan siswa harus melalui pengecekan rekam jejak siswa yang menjadi tanggung jawab pengelola data Kemenag Kabupaten/Kota atau Kanwil Kemenag Provinsi yang akan menambahkan data.
  4. Siswa yang sudah ditambahkan tidak secara otomatis langsung masuk ke database EMIS tetapi menunggu persetujuan sistem karena harus dilakukan pengecekan terlebih dahulu terhadap data referensi EMIS.
  5. Proses persetujuan akan dilakukan dalam waktu minimal 1x24 jam.

YANG PERLU DIPERHATIKAN:
  1. Pastikan siswa yang akan ditarik adalah siswa yang sudah masuk kedalam EMIS Madrasah tapi belum ada di E-Manja dan siswa Kelas Akhir. 
  2. Jika tidak ada dikelas akhir kemungkinan besar siswa tersebut masih ada di kelas sebelumnya. Jadi silahkan dicek perkelas. Pastikan siswa tersebut sudah masuk di EMIS Madrasah.
  3. Untuk siswa yang TERTINGGAL alias belum masuk kedalam EMIS Madrasah, opm bisa minta tolong Admin Kemenag Kabupaten/Kota atau Kanwil Kemenag Provinsi untuk menambahkan siswa tersebut. 
  4. Tunggu minimal 1x24 jam untuk melakukan koordinasi untuk memastikan siswa tersebut sudah masuk ke EMIS Madrasah yang bersangkutan atau belum, lalu lakukan Sinkron Data EMIS pada E-Manja untuk memasukkan siswa tersebut kedalam E-Manja. 


Bagaimana cara mengerjakannya?

  1. Kembali pada poin 1 diatas.
  2. Masukkan nama siswa yang akan dipilih.
  3. Masukkan Kelas.
  4. Klik Cek Data.
  5. Jika sudah benar, klik Aksi.
  6. Lalu akan muncul pop up sepeti dibawah, klik Ya, masukkan. 





 Selesai!





Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url